INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM MODERAT DALAM PEMBELAJARAN PAI SEBAGAI UPAYA PENANGGULANGAN DEKADENSI MORAL PELAJAR DI MTsN 1 KENDARI

SUCI ZULFIYANA, 20089030 (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM MODERAT DALAM PEMBELAJARAN PAI SEBAGAI UPAYA PENANGGULANGAN DEKADENSI MORAL PELAJAR DI MTsN 1 KENDARI. Masters thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of 6. BAB II KAJIAN TEORI.pdf] Text
6. BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[thumbnail of FULL TEXT_S.2_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20089030_SUCI ZULFIYANA.pdf] Text
FULL TEXT_S.2_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20089030_SUCI ZULFIYANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Internalisasi, Pembelajaran PAI, Dekadensi Moral.

Keprihatinan terhadap fenomena dekadensi moral di kalangan pelajar,
khususnya di MTsN 1 Kendari melatar belakangi penelitian ini. Dalam upaya
mengatasi masalah tersebut internalisasi nilai Islam moderat dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi fokus utama. Nilai-nilai Islam moderat,
yang menekankan keseimbangan, toleransi, dan keadilan, diharapkan dapat menjadi
landasan moral yang kuat bagi para siswa. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai
tersebut ke dalam kurikulum PAI, diharapkan dapat tercipta lingkungan pendidikan
yang kondusif untuk pembentukan karakter yang baik dan mengurangi perilaku
negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi metode dan strategi efektif
dalam mengajarkan nilai-nilai Islam moderat guna meningkatkan moralitas siswa
dan membentuk generasi yang berakhlak mulia.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk
mengeksplorasi dan memahami proses internalisasi nilai Islam moderat dalam
pembelajaran PAI di MTsN 1 Kendari. Sumber data diperoleh melalui tiga teknik
utama: wawancara mendalam dengan kepala madrasah guru PAI dan siswa untuk
mengumpulkan pandangan dan pengalaman mereka terkait pembelajaran nilai
Islam moderat; observasi langsung di kelas untuk mengamati implementasi dan
dinamika pengajaran nilai-nilai tersebut; serta analisis dokumentasi seperti catatan
laporan BK, rencana pembelajaran, dan catatan akademik untuk melengkapi data
yang diperoleh dari wawancara dan observasi.
Melalui penelitian ini ditemukan hasil bahwa tanggapan tenaga pendidik MTsN 1
Kendari tentang islam moderat sangat positif. Hal ini ditunjukkan melalui
pendekatan yang mengedepankan dialog, toleransi, dan penolakan terhadap
ekstremisme, guru membantu menciptakan lingkungan pendidikan yang damai dan
harmonis, sesuai dengan prinsip-prinsip Islam moderat. Strategi pendidik dalam
menginternalisasikan nilai-nilai Islam moderat pada pembelajaran PAI
menggunakan pendekatan yang komprehensif dan berkelanjutan. Proses
internalisasi nilai melalui tiga tahapan dan dikolaborasikan dengan strategi yang
relevan. Tahap transformasi nilai dikemas menggunakan strategi ibrah dan amtsal
serta pemberian nasihat. Pada tahap transaksi nilai pendidik menggunakan strategi
keteladanan dan pembiasaan. Sementara pada tahap transinternalisasi nilai pendidik
menggunakan strategi targhib wa tarhib dan kedisiplinan. Adapun Implikasi nilai
Islam moderat terhadap dekadensi moral siswa di MTsN 1 Kendari memberikan
dampak yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan adanya penurunan dekadensi
moral pelajar dibandingkan dengan sebelum diimplementasikannya nilai-nilai
Islam moderat dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Kehidupan Beragama > Islam Moderat
Kehidupan Beragama
Pendidikan Islam > Madrasah Tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan UNKAFA
Date Deposited: 08 Feb 2025 04:22
Last Modified: 08 Feb 2025 04:22
URI: https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/234

Actions (login required)

View Item
View Item