PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTs THORIQUL HUDA MENGANTI GRESIK

LAILATUL KHOIRUL BARIYAH, 20200890101110 (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTs THORIQUL HUDA MENGANTI GRESIK. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of 3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf] Text
3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf

Download (657kB)
[thumbnail of 6 BAB II LANDASAN TEORI.pdf] Text
6 BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[thumbnail of FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101110_LAILATUL KHOIRUL BARIYAH.pdf] Text
FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101110_LAILATUL KHOIRUL BARIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Everyone Is A Teacher Here, Hasil Belajar Siswa.

Hasil belajar siswa merupakan hal yang sangat penting dalam dunia pendidikan karena dengan hasil belajar siswa dapat mengaplikasikan apa yang dipelajari di sekolah dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi salah satu tingkatan dari ranah kognitif yang menjadi tujuan dari pembelajaran. Dalam penelitian ini terdapat permasalahan yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih berkurang, salah satunya disebabkan guru masih menggunakan strategi pembelajaran yang masih tergolong monoton. Hal tersebut yang mengakibatkan siswa merasa bosan dan jenuh dikelas. Oleh karena itu seorang guru harus memiliki kemampuan merancang dan mengimplementasikan berbagai strategi pembelajaran. Karena strategi pembelajaran merupakan jembatan yang membantu keberhasilan guru dalam proses belajar mengajar. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa serta menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran everyone is a teacher here. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dan seberapa besar kontribusi strategi pembelajaran everyone is a teacher here terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs. Thoriqul Huda Menganti Gresik.
Peneliti menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan menggunakan desain pre-eksperimental design, dengan rancangan one group pretest-postest. Pada rancangan ini hanya menggunakan satu kelompok saja yaitu kelas eksperimen tanpa kelompok control. Populasinya adalah kelas VIII yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan rumus korelasi product moment dan koefisien determinan.
Hasil penelitian yang diperoleh peneliti bahawa terdapat pengaruh antara strategi pembelajaran everyone is a teacher here terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs. Thoriqul Huda Menganti Gresik, dengan
�ℎ�����( �0 = 0,700 ) dan ������ (��.��5%= 0,355) dan (��.��1%= 0,456). Maka
�ℎ����� > ������ yaitu 0,355 < 0,700 > 0,456, yang sesuai dengan intepretasi yaitu tergolong “sedang”, sedangkan besaran kontribusi pengaruhnya adalah 49% karena dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain juga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan UNKAFA
Date Deposited: 03 Feb 2025 04:37
Last Modified: 03 Feb 2025 04:37
URI: https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/225

Actions (login required)

View Item
View Item