KHURIDATUL AZHARIYAH, 20200890101109 (2024) PENGARUH METODE PEER GROUP TEACHING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs AR-RAUDLAH GRESIK. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1 COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1 COVER.pdf
Download (101kB)
![[thumbnail of 3 ABSTRAK.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3 ABSTRAK.pdf
Download (146kB)
![[thumbnail of 6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (255kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101109_KHURIDATUL AZHARIYAH.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101109_KHURIDATUL AZHARIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Kata Kunci: Metode Peer Group Teaching, Hasil Belajar
Hasil belajar siswa dalam memahami materi fiqih masih cenderung rendah. Dikarenakan materi fiqih sangat luas dan relevan dengan kehidupan. Oleh karena itu, materi fiqih membutuhkan metode yang tepat dan sesuai dengan gaya belajar siswa sehingga dapat membantu guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Maka salah satu metode pembelajaran yang tepat yaitu metode Peer Group Teaching, Peer Group Teaching merupakan metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara mengajak siswa untuk saling membantu, siswa yang pandai dapat membantu siswa yang kesulitan dalam memahami materi.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Dan desain dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design jenis One Group Pre-Test Post-Test. Pada penelitian ini hanya menggunakan satu kelompok saja yaitu kelompok eksperimen. Sedangkan populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 24 siswa. Peneliti memilih penelitian populasi dikarenakan jumlah populasi yang tidak terlalu banyak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus T-test.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara metode Peer Group Teaching terhadap peningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata Pelajaran fiqih di MTs. Ar-Raudlah Gresik. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus analisis uji-t paired sample t-test menggunakan bantuan software SPSS for windows 29 menunjukkan bahwa thitung t = 7.312. nilai ttabel dilihat dari tabel distribusi t diperoleh nilai t pada taraf signifikan 5% atau 0,05 sebesar 2.068. hal ini menunjukkan thitung lebih besar dari pada ttabel yakni 7.312 > 2.068 dan nilai probabilitas sebesar 0.001 < 0,05, dan nilai probabilitas lebih kecil dari pada Asymp. Sig. 2 tailed. Adapun besarnya pengaruh metode Peer Group Teaching terhadap peningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata Pelajaran fiqih di MTs. Ar-Raudlah Gresik dikategorikan “Sangat Besar”. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan effect size menunjukkan bahwa hasil perhitungan sebesar 1,41 lebih besar dari pada 1 (1,41 > 1), maka dalam hal ini menyatakan bahwa pengaruh metode Peer Group Teaching terhadap peningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata Pelajaran fiqih di MTs. Ar-Raudlah Gresik dikategorikan “Sangat Besar”.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 03 Feb 2025 04:01 |
Last Modified: | 03 Feb 2025 04:01 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/223 |