MAHMAD SUKRON, 19089029 (2024) MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH PLUS TAHFIDZ MA'ARIF BAITUR RAHIM BALIKPAPAN. Masters thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1. COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER.pdf
Download (123kB)
![[thumbnail of 6. ABSTRAK.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. ABSTRAK.pdf
Download (115kB)
![[thumbnail of 10. BAB II.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (389kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_19089029_MAHMAD SUKRON.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.2_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_19089029_MAHMAD SUKRON.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Kata Kunci: Kompetensi Manajerial, Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan Islam
Madrasah Ibtidaiyah Plus Tahfidz Ma'arif Baitur Rahim adalah swasta yang
berbasis tahfidz yang ada di Desa Sepinggan Baru Kecamatan Balikpapan Selatan
Kabupaten Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur, yang dipimpin oleh Ibu
Waqi'ah, S.Pd. Setiap hari sebelum KBM di mulai peserta didik menjalankan sholat
Dhuha bersama dan di lanjut Muroja’ah dan menambah hafalan di kelas masing�masing. Atas usaha dan manajemen yang dilakukan oleh Ibu Waqi'ah, S.Pd selaku
kepala madrasah bisa menjadikan Madrasah Ibtidaiyah Plus Tahfidz Ma'arif Baitur
Rahim yang bermutu di Balikpapan. Masalah dalam penelitian ini adalah
Bagaimana perencanaan Kepala Madrasah untuk meningkatkan mutu pendidikan
islam di Madrasah Ibtidaiyah Plus Tahfidz Ma’arif Baitur rahim, Bagaimana bentuk
implementasi Kepala Madrasah untuk meningkatkan mutu pendidikan islam di
Madrasah Ibtidaiyah Plus Tahfidz Ma’arif Baitur rahim, Bagaimana cara
pelaksanaan evalusi Kepala Madrasah guna meningkatkan mutu pendidikan islam
di Madrasah Ibtidaiyah Plus Tahfidz Ma’arif Baitur Rahim.
Pendektan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
deskripstif kualitatif, dengan mengambil data di lapangan melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi yang berkaitan dengan subjek penelitian. Data ini
kemudian dianalisis dengan mengacu pada teori yang ada. Oleh sebab itu, proses
penelitian diharap dapat menghasilkan data-data deskriptif berupa data tertulis atau
lisan dari Madrasah Ibtidaiyah Plus Tahfidz Ma’arif Baitur Rahim. Dan tujuan dari
penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menganalisis manajemen yang
digunakan oleh kepala Madrasaah untuk meningkatkan kualitas pendidikan islam
di Madrasah Ibtidaiyah Plus Tahfidz Ma’arif Baitur Rahim. Manajemen ini dimulai
dengan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa faktor dalam
pembentukan mutu pendidikan islam di Madrasah Ibtidaiyah Plus Tahfidz Ma’arif
Baitur Rahim yaitu: manajemen kurikulum, manajemen personalia, manajemen
kesiswaan, manajemen sarana dan prasarana, manjemen keuangan, dan manajemen
humas. Pada tahap pelaksanaannya sudah dilaksanakan dengan sangat baik akan
tetapi ada berbagai faktor penghambat dan berbagai faktor pendukung. Namun,
dengan usaha manajerial dari kepala Madrasah Ibtidaiyah Plus Tahfidz Ma’arif
Baitur Rahim yang telah melakukan tahapan evaluasi baik kurikulum, sarana
prasarana, dan personalia. Kepala Madrasah sudah melakukan dengan baik karena
evaluasi tidak hanya dilakukan sendiri, Kepala Madrasah juga melibatkan semua
tenaga pendidik dan staf yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Plus Tahfidz Ma’arif
Baitur Rahim pada pelaksanaan evaluasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Mutu Pendidikan Pendidikan Manajemen dan Organisasi Sekolah |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 03 Feb 2025 03:14 |
Last Modified: | 03 Feb 2025 03:14 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/215 |