INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KEGIATAN PRAMUKA PENGGALANG DI SMP NEGRI 3 GRESIK

SITI WASILATUL HASANAH, 20200890101091 (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KEGIATAN PRAMUKA PENGGALANG DI SMP NEGRI 3 GRESIK. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3 ABSTRAK.pdf] Text
3 ABSTRAK.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf] Text
6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[thumbnail of Full Text_S1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101091_SITI WASILATUL HASANAH- Copy.pdf] Text
Full Text_S1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101091_SITI WASILATUL HASANAH- Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Internalisasi, Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam, Pramuka Penggalang.
Peran pendidikan islam yang diyakini untuk menjadi pijakan dalam mengembangkan akhlak yang baik membutuhkan konsistensi dalam penerapan dan pembentukan karakter untuk tercapainya hasil yang dituju. lembaga pendidikan formal, seperti sekolah, perlu menunjang proses pembelajaran yang tidak saja mengandalkan kegiatan belajar di dalam kelas. Caranya ialah dengan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler yang dapat dijadikan kegiatan wajib peserta didik dalam mencapai tujuan pendidikan. Di sinilah gerakan pramuka menemukan relevansinya dalam menopang kecakapan afektif dan psikomotorik peserta didik.Rumusan Masalah penelitian ini mengkaji mengenai (1) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam dalam kegiatan pramuka penggalang di SMPN 3 Gresik (2) Bagaimana hasil dari internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam dalam kegiatan pramuka penggalang di SMPN 3 Gresik.
Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang menggunakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa data tertulis atau lisan dari orang-orang atau prilaku yang dapat diamati untuk memberikan penjelasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara dan observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam dalam kegiatan pramuka penggalang melalui 3 tahap yaitu tahap pemberian informasi atau transformasi, tahap transaksi atau tahap memberikan contoh (modeling) dan tahap trans-internalisasi atau pembiasaan. Adapun hasil dari internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam dalam kegiatan pramuka penggalang di SMPN 3 Gresik dapat menumbuhkan kesadaran diri, rasa empati dan tanggung jawab, kesejahteraan anggota, kebebasan dalam menuntukan pendapat dan perubahan pada diri anggota dan lingkungan di sekitarnya. Sedangkan nilai-nilai pendidikan agama islam yang diinternalisasikan dalam kegiatan pramuka penggalang di SMPN 3 Gresik meliputi nilai aqidah, nilai akhlak dan nilai ibadah yang dilaksanakan pada setiap kegiatannya yang selaras dengan ajaran agama Islam yaitu H}abblumin Allahdan H}abblu minan-nas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Pendidikan > Pembiasaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan UNKAFA
Date Deposited: 21 Jan 2025 04:03
Last Modified: 21 Jan 2025 04:03
URI: https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/193

Actions (login required)

View Item
View Item