RISMA MUTIARA, 20200890101089 (2024) IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER KEAGAMAAN SHOLAWAT AL-BANJARI DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MTS ROUDLOTUL HIKMAH CERME GRESIK. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1 COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1 COVER.pdf
Download (570kB)
![[thumbnail of 3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf
Download (39kB)
![[thumbnail of 6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (374kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101089_RIAMA MUTIARA.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101089_RIAMA MUTIARA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Kata Kunci: implementasi ekstrakulikuler sholawat al-banjari, Karakter religius.
Karakter religius merupakan suatu sikap atau perilaku yang harus dimiliki oleh setiap individu manusia, sesuai dengan agama yang dianutnya. salah satu fenomena karakter religius ysng terjadi zaman sekarang menunjukkan bahwa terdapat kemrosotan karakter religius yang mereka miliki khususnya pada siswa. Dengan kegiatan ekstrakulikulernya sekolah merupakan tempat yang berperan penting dalam pembentukan karakter religius seseorang khususnya kepada siswa. Fokus penelitian ini adalah: (1) bagaimana implementasi kegiatan ekstrakulikuler keagamaan sholawat albanjari dalam membentuk karakter religius siswa di MTs Roudlotul Hikmah Cerme Gresik dan (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakulikuler keagamaan sholawat al-banjari dalam membentuk karakter religius siswa di MTs Roudlotul Hikmah Cerme Gresik.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, karena pendekatan ini digunakan untuk mendapat data yang mendalam dan bermakna tentang implementasi kegiatan ekstrakulikuler keagamaan sholawat al-banjari dalam membentuk karakter religius siswa. Oleh sebab itu, proses penelitian ini diharapkan menghasilkan data-data deskriptif berupa data tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang dapat diamati untuk memberikan penjelasan tentang bagaimana implementasi kegiatan ekstrakulikuler keagamaan sholawat albanjari dalam membentuk karakter religius siswa dan apa saja faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakulikuler keagamaan sholawat al- banjari dalam membentuk karakter religius siswa di MTs Roudlotul Hikmah Cerme Gresik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Implementasi kegiatan ekstrakulikuler banjari melalui 4 tahap yakni pertama komunikasi yang meliputi penyampaian guru pada materi yang disampaikan secara lagsung dengan prakteknya. Kedua sumber daya, yang meliputi sumber daya manusia yakni jumlah guru ekstrakulikuler banjari dan sumber daya alam yakni adanya fasilitas dalam kegiatan banjari. ketiga disposisi (sikap pelaksana) yang meliputi karakter baik, disiplin siswa saat kegiatan ekstrakulikuler berlangsung. Dan keempat, sruktur birokrasi yang meliputi adanya organisasi ketua dan sekertaris dalam kegiatan ekstrakulikuler sholawat al-banjari serta terdapat faktor pendukung dan penghanbat kegiatan ekstrakulikuler sholawat al-banjari dalam membentuk karakter religius siswa di MTs Roudlotul Hikmah Cerme Gresik diantaranya sarana dan prasarana, manajemen pengelolaan, semangat dan antusias, komitmen dan tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 03:53 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 03:53 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/192 |