OCTAVIE ROHMATUN NISA`, 20200890101087 (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NEGERI 1 TUBAN. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1 COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1 COVER.pdf
Download (103kB)
![[thumbnail of 3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf
Download (156kB)
![[thumbnail of 7 BAB II KAJIAN TEORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7 BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (282kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101087_OCTAVIE ROHMATUN NISA'.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101087_OCTAVIE ROHMATUN NISA'.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Fiqih, MTsN 1 Tuban
Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum pengganti Kurikulum 2013 yang dirancang untuk memberikan keleluasaan bagi setiap satuan pendidikan dalam melakukan inovasi pembelajaran yang relevan dan disesuaikan dengan kebutuhan serta karakteristik peserta didik. Kurikulum Merdeka yang digagas oleh Nadiem Makariem menjadi terobosan dalam merekontruksi pendidikan sesuai perkembangan zaman serta memulihkan krisis pembelajaran yang selama ini terjadi. MTsN 1 Tuban merupakan salah satu madrasah yang menjadi Pilot Project dalam implementasi Kurikulum Merdeka di jenjang madrasah tsanawiyah di kabupaten Tuban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran fiqih di MTsN 1 Tuban.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, karena pendekatan ini digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam tentang implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran fiqih di MTsN 1 Tuban. Oleh sebab itu, proses penelitian diharapkan menghasilkan data-data deskriptif berupa data tertulis atau lisan dari orang-orang atau prilaku yang dapat diamati untuk memberikan penjelasannya tentang implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran fiqih di MTsN 1 Tuban. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam melakukan analisis data, peneliti menggunakan analisis data deskriptif dan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran fiqih di MTsN 1 Tuban melalui teknik pengumpulan data, mengolah data, dan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran fiqih di MTsN 1 Tuban berjalan dengan baik meskipun masih dalam tahap penyesuaian. Dalam implementasi Kurikulum Merdeka, guru melakukan tahapan-tahapan, diantaranya: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum Pendidikan Islam > Madrasah Tsanawiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 03:46 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 03:46 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/191 |