INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS PESANTREN DI SMP YPI DARUSSALAM 1 CERME

NAILUN NABIILAH, 20200890101082 (2024) INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS PESANTREN DI SMP YPI DARUSSALAM 1 CERME. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3 ABSTRAK.pdf] Text
3 ABSTRAK.pdf

Download (901kB)
[thumbnail of 6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf] Text
6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101082_ NAILUN NABIILAH.pdf] Text
FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101082_ NAILUN NABIILAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci: Integrasi, Pendidikan Agama Islam, Berbasis Pesantren
Integrasi Pendidikan agama Islam berbasis pondok pesantren mengajarkan peserta didik tidak hanya mempelajari teori saja, namun diharapkan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuannya agar peserta didik lebih mendalami tentang ajaran-ajaran agama Islam dengan adanya sistem pondok pesantren ini. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal, berperan sangat penting untuk mempersiapkan generasi masa depan yang memiliki sikap dan kepribadian yang baik sesuai dengan ajaran agama Islam. Bertolak dari gagasan integrasi yang telah dikemukakan oleh para pakar pendidikan, maka menjadi fenomena, saat ini mulai banyak lembaga pendidikan Islam, baik yang berbentuk pesantren, madrasah, ataupun sekolah yang menerapkan integrasi dalam pendidikannya. Integrasi tersebut dianggap sebagai suatu terobosan hebat yang memiliki manfaat besar bagi kemajuan pendidikan Islam.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan Integrasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Pesantren di SMP YPI Darussalam 1 Cerme. 2) Mendeskripsikan Tujuan Pendidikan Agama Islam Berbasis Pesantren di SMP YPI Darussalam 1 Cerme.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dapat dikategorikan kedalam penelitian lapangan (Field research) dengan menggunakan informasi yang diperoleh dari sasaran penelitian yang selanjutnya disebut informan atau subjek penelitian melalui teknik pengumpulan data.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Integrasi pendidikan agama islam berbasis pesanten di SMP YPI Darussalam 1 Cerme mempunyai langkah penting yang bisa menjadikan keberhasilan dalam sebuah pembelajaran diantaranya a) pengembangan kurikulum, konsep kurikulum yang mencangkup 3 hal, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, b) metode pengajaran, c) pengakuan dan evaluasi, d) keagamaan dan umum, e) pengembangan metode, 2) Tujuan Integrasi pendidikan agama islam berbasis pesanten di SMP YPI Darussalam 1 Cerme bertujuan mengintegrasikan keunggulan sistem pendidikan sekolah dengan pendidikan pondok pesantren. Menjadikan anak-anak bertaqwa kepada Allah SWT, disamping anak-anak secara lahiriyah itu akan mendapatkan ilmu agama secara batin dan memiliki pengetahuan keagamaan, serta berwawasan global dan berpegang pada Al-Qur’an dan hadist dengan ajaran ahlussunnah wal jama’ah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Pendidikan Islam > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan UNKAFA
Date Deposited: 18 Jan 2025 07:33
Last Modified: 18 Jan 2025 07:33
URI: https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/188

Actions (login required)

View Item
View Item