MAIMUNATUL MAKHFUDZOH, 20200890101076 (2024) STRATEGI KENDALI KOMUNIKASI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN SEKOLAH BERBASIS PESANTREN (STUDI KASUS MADRASAH ALIYAH MAMBAUS SHOLIHIN GRESIK). Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1 COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1 COVER.pdf
Download (66kB)
![[thumbnail of 3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf
Download (83kB)
![[thumbnail of 6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6 BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (170kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101076_MAIMUNATUL MAKHFUDZOH.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101076_MAIMUNATUL MAKHFUDZOH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Kata kunci: Strategi, Kendali Komunikasi Guru, Sekolah Berbasis Pesantren.
Strategi kendali komunikasi ialah pola-pola kendali komunikasi atau biasa di sebut PPKK yang terdiri dari banyak strategi kendali komunikasi. Dalam sekolah berbasis pesantren dengan notabe siswa mukim yang banyak kegiatan diluar madrasah yang membuat fisik siswa kelelahan saat di sekolah membuat kondisi kelas kurang aktif dan pasif. Oleh karna itu guru harus mampu menerapkan strategi yang baik agar tercipta kondisi kelas aktif agar siswa dapat menggembangkan potensinya demi mewujudkan tujuan dari pendidikan khususnya dalam sekolah berbasis pesantren. Masalah dalam pnelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan strategi kendali komunikasi guru dalam proses pembelajaran sekolah berbasis pesantren Madrasah Aliyah Mambaus Sholihin Gresik. (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi kendali komunikasi guru dalam proses pembelajaran sekolah berbasis pesantren Madrasah Aliyah Mambaus Sholihin Gresik.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, karna pendekatan ini digunakan untuk mendapat data yang mendalam dan bermakna tentang penerapan strategi kendali komunikasi guru dalam proses pembelajaran sekolah berbasis pesantren. Oleh sebab itu, proses penelitian ini diharapkan menghasilkan data-data deskriptif berupa data tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang dapat diamati untuk memberikan penjelasan tentang bagaimana penerapan strategi kendali komunikasi guru dalam proses pembelajaran sekolah berbasis pesantren dan apa faktor pendukung dan penghambat strategi kendali komunikasi guru dalam proses pembelajaran sekolah berbasis pesantren Madrasah Aliyah Mambaus Sholihin Gresik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 3 strategi kendali komunikasi guru yang dominan diterapkan dalam proses pembelajaran sekolah berbasis pesantren menggunakan teori kendali komunikasi Miller dan Huberman yaitu Hanging sword strategies ( stimulus -respon-punishment ), Dangling carrot stategies (stimulus-respon-reward), Fairyland strategies (strategi dunia khayal), adapun faktor pendukungnya adalah Loyalitas dan Dedikasi tiap guru dalam melaksanakan kewajibannya mengabdi dalam dunia pendidikan. Faktor penghambatnya adalah media pembelajaran yang kurang memadai, suara yang kurang menjangkau, juga kondisi psikis siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Pondok Pesantren Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 08:18 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 08:18 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/179 |