LULUAH LAELATUL BADRIYAH, 20200890101072 (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTSN 1 TUBAN. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1. COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER.pdf
Download (45kB)
![[thumbnail of 3. ABSTRAK BAHSA INDONESIA INGGRIS.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. ABSTRAK BAHSA INDONESIA INGGRIS.pdf
Download (92kB)
![[thumbnail of 6. BAB II KAJIAN TEORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (234kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101072_LULUAH_LAELATUL_BADRIYAH..pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101072_LULUAH_LAELATUL_BADRIYAH..pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kata Kunci : Cooperative Script, Hasil Belajar, Akidah Akhlak
Proses pembelajaran saat ini masih terlihat bahwa pendidik menganggap siswa sebagai objek, bukan sebagai subjek dalam pembelajaran, sehingga guru masih dalam proses pembelajaran masih mendominasi aktivitas belajar. Usaha pendidik untuk menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan efisien yaitu dengan penggunakan metode pembelajaran, karena metode adalah cara yang dilakukan oleh guru secara sistematis dan terencana dalam menyampaikan materi ajar kepada peserta didik agar mereka dapat ikut serta dan juga berperan aktif dalam proses pembelajaran.Pada mata pelajaran akidah akhlak seringkali pendidik hanya menggunakn metode ceramah dan tugas harian kepa peserta didik, menurut suryadi salah satu metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah pembelajaran Cooperative.Pentingnya metode Cooperative Script karena metode pembelajaranya ini mempunyai peran strategis dalam Upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian agar mengetahui adakah pengaruh metode Cooperative Scriptterhadap hasil belajar sisiwa kelas VII MTsN 1 Tuban
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan menggunakan desain pre eksperimental design, dengan rancangan one group pre test post test. Pada rancangan ini hanya menggunakan satu kelas saja yaitu kelompok eksperimen tanpa kelas control. Populasinya adalah kelas VIIB yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, observasi, dokumentas, teknik analisis datanya menggunakan T-tes dan Effect Size.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapar pengaruh metode pembelajaran cooperative script dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Akidah Akhlak Di MTsN 1 Tuban dengan perhitungan rumus T-tes, yang mana t hitung (to= 13,2) dan t tabel (tt.ts.5%= 2,03) dan tt.ts.1%= 2,73). Maka dapat dikatakan bahwa to¬ lebih besar dari pada tt yaitu: 2,03< 13,2>2,73.besar pengaruh metode pembelajaran cooperative script dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Akidah Akhlak diperoleh dari effect size dengan jumlah 2,3. Dengan kategori “sangat besar”
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 07:40 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 07:40 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/173 |