PENGARUH MEDIA VIRTUAL TOUR MUSEUM TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI GRESIK

KHARISMA NURUL FARIHAH, 20200890101066 (2024) PENGARUH MEDIA VIRTUAL TOUR MUSEUM TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI GRESIK. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.

[thumbnail of 1 Cover.pdf] Text
1 Cover.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 3 Abstrak bahasa Indonesia dan Inggris.pdf] Text
3 Abstrak bahasa Indonesia dan Inggris.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 6 BAB II LANDASAN TEORI.pdf] Text
6 BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[thumbnail of Full Text_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101066_KHARISMA NURUL FARIHAH.pdf] Text
Full Text_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101066_KHARISMA NURUL FARIHAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci: Media Virtual Tour Museum, Hasil Belajar Siswa
Hasil belajar adalah bagian terpenting didalam pembelajaran. Pengertian hasil belajar sendiri ialah perubahan tingkah laku siswa secara nyata setelah dilakukan melalui proses belajar mengajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dalam penelitian ini terdapat permasalahan dalam hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam yaitu guru hanya menggunakan metode ceramah didalam pembelajaran, dan hal tersebut berpengaruh pada proses pembelajaran dikelas sehingga siswa menjadi cepat jenuh dan bosan. Oleh karena itu, seorang guru harus mempunyai kreativitas dalam merancang berbagai metode pembelajaran. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ini adalah menggunakan Media Virtual Tour Museum.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh sebelum dan sesudah menggunakan media virtual tour museum terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Gresik dan seberapa besar pengaruh media virtual tour museum terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri Gresik. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan jenis one group pretest posttest. Metode dan teknik yang digunakan dalam memperoleh data pada penelitian ini meliputi: tes hasil belajar, dokumentasi serta observasi. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis uji tes “t”.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sebelum dan sesudah menggunakan Media Virtual Tour Museum terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas VII MTs Negeri Gresik. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan uji T sebesar 27.86 lebih besar jika dibandingkan dengan Ttabel pada taraf sigifikasi 5% =2,03 dan taraf signifikansi 1% = 2,72. Dan kemudian besarnya pengaruh media virtual tour museum dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri Gresik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam dapat dilakukan dengan menghitung cohen’d menggunakan rumus effect size dari cohen sebesar 4,78 yang kemudian diinterprestakan dengan tabel effect size, yang mana nilai 4,78 > 1 maka termasuk dalam kategori “Sangat Besar”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan UNKAFA
Date Deposited: 12 Jan 2025 03:09
Last Modified: 12 Jan 2025 03:09
URI: https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item
View Item