PENGARUH METODE MIND MAPPING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII B PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs AL-MA'ARIF BANGKALAN

IZA MUFITA, 20200890101065 (2024) PENGARUH METODE MIND MAPPING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII B PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs AL-MA'ARIF BANGKALAN. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf] Text
3 ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of 6 BAB II LANDASAN TEORI.pdf] Text
6 BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[thumbnail of FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_202008901010.pdf] Text
FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_202008901010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Metode Mind Mapping, Hasil Belajar.

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam (SKI). Hal ini disebabkan factor internal, seperti kurangnya minat dan motivasi untuk belajar dan factor eksternal, seperti penggunaan metode pembelajaran yang tidak sesuai dengan kemampuan siswa. Oleh sebab itu, peneliti menawarkan metode mind mapping yang diharapkan dapat membantu peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektifitas penggunaan metode mind mapping untuk peningkatan hasil belajar siswa pada materi daulah umayyah pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas VII B di MTs al- ma’arif bangkalan.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan menggunakan jenis pre eksperimental, dengan design one group pretest-posttest. Pada rancangan ini hanya menggunakan satu kelompok saja yaitu kelompok eksperimen tanpa kelompok control. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, dan observasi teknik analisis datanya menggunakan rumus t test.
Hasil perhitungan ‘‘t’’tabel adalah 16,12 lebih besar dari ‘‘t’’ tabel pada taraf signifikan 5% dengan nilai 2,01 dan lebih kecil dari taraf signifikan 1% dengan nilai 2,68. Sehinga dapat diketahu ttabel > thitung yaitu: 2,01˂ 16,12 maka hipotesis Alternatif (Ha) diterima dan hipotesis Nihil (Ho) ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya metode mind mapping, maka terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan Metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas VII B pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Ma’arif Bangkalan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pustakawan UNKAFA
Date Deposited: 11 Jan 2025 08:19
Last Modified: 11 Jan 2025 08:19
URI: https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/148

Actions (login required)

View Item
View Item