ISTAFAARA, 20200890101064 (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PLAYING CARD TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS MATERI TAJWID MTS NURUL ISLAM GRESIK. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1. COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER.pdf
Download (470kB)
![[thumbnail of 3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf
Download (391kB)
![[thumbnail of 6. BAB II LANDASAN TEORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (524kB)
![[thumbnail of Full Text_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101064_.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Full Text_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101064_.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Kata Kunci: Media Playing card, Peningkatan pemahaman, Mata Pelajaran al-Qur’an Hadis
Pelajaran Al-Qur’an Hadits dianggap pembelajaran yang membosankan, karena sebagian siswa masih ada yang belum lancar membaca Al-Qur’an, dan hal ini tentu menyulitkan mereka dalam mengartikan, menghafal, dan memahaminya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran playing card terhadap peningkatan pemahaman siswa kelas VII pada mata pelajaran Al Qur’an Hadist materi tajwid MTs Nurul Islam Gresik.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode pre eksperimental dengan rancangan one-group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII MTs Nurul Islam Gresik berjumlah 108, kemudian peneliti mengambil seluruh siswa kelas VII-A yang berjumlah 28 siswa untuk dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi, Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis meliputi uji T (T-test) dan uji determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran playing card terhadap peningkatan pemahaman siswa kelas VII pada mata pelajaran Al Qur’an Hadist materi tajwid MTs Nurul Islam Gresik Dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel baik pada tt.ts.5%= 2,05 dan tt.ts.1%= 2,77. Maka dapat diketahui bahwa to lebih besar dari pada tt yaitu: 2,05<11,95>2,77. Dan besaran sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran playing card terhadap peningkatan pemahaman siswa kelas VII pada mata pelajaran Al Qur’an Hadist materi tajwid MTs Nurul Islam Gresik diketahui skor rata-rata pre-test 91.72414 dan hasil post-test menunjukkan rata-rata 141.3793 dan Koefisien Determinannya adalah 142.80%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 11 Jan 2025 08:09 |
Last Modified: | 11 Jan 2025 08:09 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/147 |