ISMATUL MAULA, 20200890101063 (2024) PENGARUH METODE DISKUSI BERBANTU MEDIA INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MA'ARIF BANGKALAN. Other thesis, Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik.
![[thumbnail of 1. COVER.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER.pdf
Download (79kB)
![[thumbnail of 3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS.pdf
Download (150kB)
![[thumbnail of 6. BAB II LANDASAN TEORI.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (298kB)
![[thumbnail of FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101063_ISMATUL MAULA.pdf]](https://repository.unkafa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FULL TEXT_S.1_TARBIYAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_20200890101063_ISMATUL MAULA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Kata Kunci: Metode Diskusi Berbantu Media Index Card Match, Hasil Belajar Siswa.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Metode Diskusi Berbantu Media Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII A Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif Bangkalan. Kajian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits. Hal ini dapat dilihat dari masalah yang dialami oleh peserta didik yaitu materi pembelajaran yang disajikan oleh guru tersebut terlalu menoton dan penyampaian materinya lebih sering menggunakan metode konvesional (metode ceramah), semua ini menjadikan peserta didik kesulitan dalam mencerna makna pelajaran yang telah disampaikan dan akan menyebabkan peserta didik kurang aktif dan tidak memperhatikan guru. Maka dari itu seorang guru harus menggunakan matode pembelajaran yang tepat dan efektif agar suasana pembelajaran berlangsung dengan menyenangkan dan peserta didik akan aktif didalam kelas. Begitu juga suasana belajar yang menyenangkan akan membuat pembelajaran berjalan efektif. Oleh karena itu, perlu adanya suatu media yang mampu menyuguhkan materi dengan menyenangkan salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran permainan. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui adakah perbedaan sebelum dan sesudah penggunaan metode diskusi berbantu media Index Card Match terhadap hasil belajar siswa kelas VII A pada mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif Bangkalan. 2) Untuk mengetahui berapa besar perbedaan sebelum dan sesudah penggunaan metode diskusi berbantu media Index Card Match terhadap hasil belajar siswa kelas VII A pada mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif Bangkalan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian kuantitatif ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Pre Experimental Design. Dengan mengunakan tipe One Grup Pretest-Posttest Design. Pada rancangan ini hanya menggunakan satu kelas yaitu kelas eksperimen saja tanpa kelas Kontrol. Populasi yang digunakan yaitu kelas VII MTs AL-Ma’arif Bangkalan yang berjumlah 91 siswa dibagi menjadi 2 kelas, sebagai pengambilan sampel dilakukan di kelas VII A yang berjumlah 45 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes (pre test-post test), observasi, dan dokumentasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Pustakawan UNKAFA |
Date Deposited: | 02 Jan 2025 03:38 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 03:38 |
URI: | https://repository.unkafa.ac.id/id/eprint/141 |